Kuota CPNS Cianjur Menurun

cpnsSTATUS pegawai negeri sipil (PNS) masih didambakan kebanyakan orang. Oleh karena itu, seleksi CPNS selalu menjadi incaran seperti yang terjadi di Kab. Cianjur saat ini. Meskipun Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Pemkab Cianjur belum membuka pendaftaran, rencana seleksi CPNS tahun anggaran 2009 ini telah sampai ke pelosok.

Karuan saja staf BKD harus kerja ekstra untuk melayani orang yang mempertanyakan rencana seleksi CPNS itu, baik yang langsung datang maupun lewat telefon. “Tiap hari selalu saja ada yang menanyakan pelaksanaan seleksi CPNS termasuk dari pelosok Cianjur selatan,” kata sejumlah staf di BKD, Rabu (21/10).

Tentu saja pihaknya memberikan penjelasan bahwa BKD belum mengumumkannya, terkait rencana seleksi CPNS masih digodok dengan Pemprov Jabar. Rencana seleksi akan diumumkan kepada publik secara terbuka setelah pihaknya mendapatkan kepastian seputar seleksi CPNS itu, seperti waktu, tempat, maupun syarat calon peserta.

Beralasan jika seleksi CPNS menjadi pusat perhatian. Karena puluhan ribu warga Cianjur mendambakannya. Dari tahun ke tahun antrean warga yang ingin menjadi PNS kian memanjang. Di sektor pendidikan, misalnya, mereka yang mengabdikan tenaganya sebagai guru sukarelawan (sukwan) SD dan SMP semakin banyak. Keterangan dari Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kab. Cianjur, sekitar delapan ribu sukwan mengabdi di SD dan SMP. Belum lagi sukwan yang tersebar institusi pemerintah lainnya, maupun pengangguran di kalangan umum.

Kegagalan seleksi tidak membuat mereka jera. Setiap seleksi digelar ada secercah harapan di benak mereka untuk menjadi PNS. Padahal untuk mengikuti seleksi ini terutama warga dari pelosok Cianjur selatan membutuhkan dana yang tidak sedikit. “Saya sudah dua kali ikut tes gagal terus, tapi rencananya sekarang akan ikut lagi,” ungkap Mumuh (32), guru sukwan SD di Kec. Tanggeung, di halaman Sekretariat Daerah (Setda), seusai pulang dari Kantor BKD, Kamis (22/10).

Sebenarnya pemkab peduli dengan mereka yang mendambakan menjadi PNS. Pada 2009 ini pemkab mengajukan kuota PNS untuk sekitat empat ribu orang kepada pemerintah pusat. Sayangnya kuota yang didapat 406 posisi masing-masing 232 posisi untuk tenaga kependidikan, 98 posisi untuk tenaga kesehatan dan 76 posisi untuk tenaga teknis. Kuota yang didapat tahun sekarang lebih kecil dibandingkan dengan 2008 sebanyak 818 posisi.

Namun, kendati mengecil, porsi tenaga kependidikan masih diprioritaskan. Jumlahnya lebih dari 50% dari kuota ini. Alasannya, sektor pendidikan ini paling membutuhkan tenaga, dan diindikasikan banyaknya sukwan di sektor ini. Tentunya mereka ini sangat berharap menjadi PNS, terlebih mayoritas mereka telah mengabdi puluhan bahkan belasan tahun di SD atau SMP.

Oleh karena itu, pada seleksi yang rencananya akan dilangsungkan November mendatang diperkirakan peserta bisa mencapai di atas lima ribu orang. Kendati mereka paham sangat sulit lolos namun rasa penasaran menghantui mereka. “Saya mengerti banyak faktor yang harus dimiliki agar bisa lolos dari seleksi itu, tapi terserahlah saya akan mencoba lagi tahun ini, gimana nanti saja,” tutur Hilman Isnaeni (32), warga Kel. Sayang, Cianjur.

Diramaikan rumor

Agar bisa lolos dari seleksi CPNS amat sulit. Persaingan sangat ketat. Bahkan acap kali seleksi CPNS diramaikan rumor yang menyebutkan adanya “kongkalikong” dalam seleksi itu. Mereka yang lolos seleksi adalah orang-orang yang memiliki akses dengan sumbu kekuasaan termasuk pendanaan.

“Agar rumor tidak sedap seperti ini tidak berkembang hendaknya penyelenggara seleksi bersikap objektif. Biarkan peserta bersaing secara sehat, tidak boleh ada intervensi dari pihak mana pun demi kepentingan pribadi,” tutur Ketua DPRD Kab. Cianjur, Gatot Subroto, di ruang kerjanya, Jumat (23/10).

Malah ia berharap, peserta yang lolos pada seleksi tenaga kependidikan dari Cianjur selatan hendaknya tetap ditempatkan di sana. Mereka jadi guru SD atau SMP di kecamatan setempat. Tidak dibenarkan bagi mereka setelah lulus kemudian pindah ke wilayah Cianjur utara atau perkotaan.

Penempatan di tempat semula ini, tuturnya, berlaku pula bagi tenaga kesehatan. Justru setelah mereka berstatus PNS semangat membangun daerahnya sendiri harus meningkat. “Kalau kemudian setelah lulus mereka mau pindah ke kota, ya, Cianjur selatan akan terus kekurangan tenaga guru dan kesehatan,” ucapnya.

Bahkan bukan hanya peserta dari Cianjur selatan, mereka yang berdomisli di wilayah perkotaan pun setelah lulus sebaiknya ditempatkan di sana. Lagi pula sebenarnya CPNS bersangkutan sebelumnya menandatangani fakta integritas yang salah satu butirnya siap ditempatkan di mana saja. Ini artinya tinggal sejauh mana institusi terkait memiliki tekad untuk tidak menggubris mereka yang ingin pindah tugas ke Cianjur utara.

Diuraikannya, urusan penataan tenaga kerja atau karyawan ini memang rumit. Bukan hanya kian memanjangnya barisan pengangguran di masyarakat, mereka yang telah lama mengabdi pada institusi pemerintah pun nasibnya tidak jelas. Mereka yang berstatus sukwan atau tenaga suka rela (TKS) seakan tidak memiliki masa depan. Sementara itu, usia mereka semakin tua, dan penghasilan yang didapatkan atas pengabdiannya selama ini tidak seberapa.

“Kami menganggap mereka yang berstatus sukwan atau TKS yang mengabdi di sejumlah OPD juga dipikirkan eksekutif. Apakah diberhentikan lalu kemudian diberi pesangon, atau apa saja yang intinya mereka diberi bekal untuk membuka lahan hidup selanjutnya,” ujarnya. (PK-4)***sumber : pikiran-rakyat.com

3 Balasan ke Kuota CPNS Cianjur Menurun

  1. Usep NY mengatakan:

    Tks masa depan suram tak dihargai, dipandang sebelah mata, dianggap bukan manusia keadilan hanya milik Allah SWT.

  2. diding ak mengatakan:

    Sebagai anggota masyarakat kab Cianjur…sy ingin memberikan masukan kepada slrh staf dan pimpinan OPD di lingkungan Pemda Kab Cianjur agar kiranya MULAI menjalankan cara – cara yang lebih profesional dilandasi oleh nilai dan norma AGAMA, bahwa sesuatu yang telah dan akan diperbuat oleh setiap manusia tentunya akan diminta pertanggung jawwabannya nanti oleh sang Pencipta Alam Semesta ini yang maha mengetahui segala sesuatunya atas apa yang diperbuat oleh manusia di dunia ini…………mudah2an dengan pondasi alwal seperti itu semua pihak yang berkepentingan tidak akan merasa dirugikan……….lakukanlah dengan profesional, jujur, adil dan amanah serta terbuka…..tanamkan pada diri kita semua bahwa setiap saat kita senantiasa dipantau oleh Allah SWT atas apa yang telah dan akan diperbuat oleh kita….mohon maaf atas segalanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: