Cianjur Kekurangan Tenaga Guru dan Kesehatan

Gambar : poltekestniau.ac.id

Gambar : poltekestniau.ac.id

Kabupaten Cianjur BLoG : Hingga saat ini, Kabupaten Cianjur masih kekurangan tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan. Berdasarkan pendataan yang dilakukan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cianjur, kekurangan jumlah tenaga pendidikan tercatat kurang lebih sebanyak 3.000 orang. Sedangkan untuk tenaga kesehatan, kurang lebih mencapai 500 orang.

Kepala BKPPD Kabupaten Cianjur, Hilman Kurnia, mengonfirmasikan kondisi tersebut. Menurut Hilman, kekurangan tenaga pendidikan sekitar 3.000 orang tersebut, mencakup diberbagai tingkatan sekolah. Baik ditingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), maupun sekolah menengah atas/kejuruan (SMA/SMK). “Sedangkan untuk tenaga kesehatan, jumlah kebutuhannya mencapai kurang lebih 500 orang,” kata Hilman.

Pada penerimaan seleksi CPNS formasi tahun 2009, kuota untuk tenaga pendidikan sebanyak 232 orang dari total pelamar bidang pendidikan ini sebanyak 6.006 orang. Jika dipersentasekan dengan jumlah keseluruhan CPNS tahun ini sebanyak 406 orang, kuota tenaga pendidikan ini sebesar kurang lebih 60%.

“Memang, yang banyak dibutuhkan saat ini adalah tenaga pendidik atau guru. Mereka akan ditempatkan diberbagai wilayah Kabupaten Cianjur,” ujar Hilman.

Hilman tidak memungkiri, setiap penerimaan seleksi CPNS, bidang pendidikan selalu mendapatkan kuota paling banyak diantara bidang-bidang lainnya. Hal ini setidaknya mengindikasikan bahwa tenaga kependidikan ini sangat dibutuhkan, dan dinilai masih kekurangan. “Setiap penerimaan CPNS, tenaga kependidikan ini selalu mendapatkan porsi lebih. Ini mengindikasikan bahwa tenaga guru memang sangat diperlukan.

Hilman pun berharap, seandainya tahun-tahun mendatang akan ada lagi pembukaan lowongan CPNS, maka kuota tenaga kependidikan bisa ditambah. Hal ini diharapkan bisa menutupi kekurangan tenaga guru.

“Salah satu cara menutupi kekurangan pegawai, baik tenaga kependidikan maupun tenaga kesehatan, adalah dengan menambah jumlah kuota penerimaan CPNS, kalau memang tahun-tahun selanjutnya kembali membuka lowongan,” tandasnya. |pos kota|

2 Balasan ke Cianjur Kekurangan Tenaga Guru dan Kesehatan

  1. ahabasgar mengatakan:

    Kekurangan SDM yang mumpuni, tapi kok sistem rekruitment CPNS itu seperti main judi saja, yang skillnya bagus belum tentu masuk… bahkan sering menjadi ladang suap-menyuap.. beuh gimana jadina…

  2. samsul mengatakan:

    kapan yua ada penerimaan CPNS lagi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: