Jalan Lingkar Nagrek di Jawa Barat akan difungsikan pada H-10

Jalur Lingkar Nagrag

Jalur Lingkar Nagrag

Jalan Lingkar Nagrek di Jawa Barat akan difungsikan pada H-10 dan H+10 pada Lebaran 2010 dengan pengerasan aspal. Hingga minggu pertama Agustus 2010, sekitar 86 persen pekerjaan pembangunan Jalan Lingkar Nagrek sudah selesai dikerjakan, sehingga diharapkan nantinya bisa melayani arus mudik dan balik.

“Pada Lebaran 2010, Lingkar Nagrek akan difungsikan untuk melayani arus mudik dan balik pada H-10 sampai H+10 Lebaran dengan pengerasan aspal. Tapi, sesudahnya akan ditutup kembali untuk melanjutkan penyelesaian,” kata Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Mur-janto di Jakarta, Kamis (19/8).

Menurut Djoko, pengoperasian sementara jalur jalan lingkar, yang mulai dibangun pada tahun anggaran 2006 dan dijadwalkan selesai tahun 2012, itu diharapkan dapat mengurai kemacetan di sepanjang jalur jalan yang menghubungkan Kota Bandung dengan Tasikmalaya tersebut Jalan Lingkar Nagrek sendiri, kata Djoko, memiliki panjang 5,4 kilometer dengan lebar 7 meter dan terdiri atas dua lajur dengan kemiringan maksimal 10 persen.

Dengan adanya jalan lingkar tersebut, maka jalur lalu lintas dari Bandung ke Tasikmalaya dan sebaliknya hanya satu arah, tidak ada perpotongan arus, sehingga diharapkan tidak menimbulkan kemacetan.

Sebab, sebelumnya arus lalu lintas di sepanjang Jalan Raya Nagrek selalu macet karena adanya tanjakan dengan kemiringan 18 persen dan perlintasan kereta api padajalur tersebut.

Selain itu, Djoko juga mengatakan, Kementerian PU menargetkan lelang untuk kegiatan pembangunan infrastruktur tahun anggaran 2011 sudah bisa dimulai bulan November supaya realisasi anggaran bisa lebih cepat Targetnya untuk melaksanakan kegiatan tahun 2011 lelang sudah mulai November tahun ini dan kontrak sudah ada pada Januari 2011,” ujarnya.

Menurut dia, percepatan lelang dan penandatanganan kontrak kerja pembangunan infrastruktur diharapkan dapat mempercepat realisasi kegiatan dan penyerapan anggaran supaya tidak menumpuk pada akhir tahun anggaran.

Alokasi anggaran Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PU pada 2011, ujarnya, senilai Rp 28,6 triliun. Alokasi anggaran tersebut jauh lebih tinggi dibanding tahun 2010 yang sebesar Rp 16,6 triliun. Dimana, Rp 14 triliun di antaranya untuk belanja modal, Rp 2,2 triliun untuk belanja barang, dan Rp 367 miliar untuk belanja pegawai.

Djoko menjelaskan, anggaran tahun 2011 akan digunakan untuk preser-vasi yang meliputi kegiatan pemeliharaan, rehabilitasi, rekonstruksi, serta penggantian jalan dan jembatan, peningkatan kapasitas jalan dan jembatan, juga dukungan pembangunan jalan tol.

Pembangunan jalan tol yang dimaksud antara lain konstruksi dan pengadaan tanah untuk jalan tol sepanjang 4,30 kilometer Solo-Kertosono. Sementara realisasi anggaran tahun 2010. menurut dia. sampai saat ini baru sebagian dan masih di bawah target yang, direncanakan. [bataviase]

Tag : CCTV MUDIK LEBARAN 2010 – CCTV LIVE

Search    Top Views

* cctv arus mudik 2010
* cctv mudik 2010
* arus mudik 2010
* cctv mudik 2010
* berita mudik 2010
* live mudik 2010
* cctv info mudik 2010
* jalur mudik 2010
* cctv jalur mudik 2010
* informasi arus mudik 2010
* Peta Mudik 2010

2 Balasan ke Jalan Lingkar Nagrek di Jawa Barat akan difungsikan pada H-10

  1. Nurhasim mengatakan:

    Selamat Idul fitri mohon maaf lahir batin

  2. azkya mengatakan:

    selmat hari raya idul fitri
    minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir & bathin…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: