E-Voting

e-voting

e-voting

E-Voting adalah suatu sarana untuk membantu proses pelaksanaan pemilihan umum yang bersih, jujur ,akurat , cepat dan menyenangkan .Dalam pembahasan disini akan dibahas perkembangan teknologi E-voting dari mulai  Kertas Suara (Paper Ballots), Lever Machines , Punchcards, Marksense Forms, Electronic Voting, dan Remote Voting.
Dan bagaimana cara pengirimannya(delivery) E-voting melalui Telepon , Televisi Digital, Internet,Voting Operating System.

Penerapan elektronik voting (e-voting) pada pemilihan umum kepala daerah (pilkada) lebih efektif ketimbang system contereng atau coblos. Sebab, pelaksanaan pilkada di sejumlah daerah justru banyak menuai masalah. “E-voting lebih efektif dari segi waktu dan biaya. E-voting juga lebih akurat.

Badan Pengkajian dan Penerapan teknologi (BPPT) menyatakan pemilihan umum secara elektronik (e-voting) akan dilaksanakan secara bertahap pada pemilu 2014, setelah proses pembuatan kartu tanda penuduk (KTP) secara elektronik selesai.

Kepala BPPT Marzan A. Iskandar mengatakan penyelenggaraan pemilu secara elektronik akan dapat dilaksanakan pada 2014 jika pembuatan KTP secara elektronik selesai pada 2012.

“KTP elektronik akan dimulai pada tahun depan dan kemungkinan selesai pada 2012, sehingga pemilu e-voting dapat diterapkan pada 2014,” katanya di sela-sela penyampaian catatan akhir tahun teknologi 2010 BPPT, hari ini.

Menurut dia, BPPT telah menyusun rekomendasi untuk perangkat keras yang mendukung pembuatan KTP secara elektronik. “Biaya pembuatan KTP harus standar di seluruh Indonesia.”

Dia menjelaskan biaya pemilu secara elektronik  hanya sepertiga dari biaya pemilu secara manual.

Kelebihan lain dari e-voting, papar Marzan, akan menghemat waktu,karena penghitungan dapat dilakukan secara cepat.

Dia menambahkan pemilu secara elektronik baru diuji coba di Kabupaten Jembrana, Bali. Daerah ini, paparnya, telah melaksanakan e-voting di 70 dusun atau 30% dari total dusun di kabupaten tersebut.

Marzan memaparkan saat ini pihaknya telah menyusun rekomendasi surat request for quotation (RFQ) untuk mendapatkan informasi spesifikasi teknis dan standar harga dalam pengadaan perangkat keras, perangkat lunak, dan blangko KTP yang dilengkapi dengan sidik jari serta chip sesuai di beritakan oleh : antara news

 

Link Terkait : Relawan Telematika Banten

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: